Sebilah Kujang di Kostum Persib [10:30 WIB ]


Sebilah kujang, senjata pusaka tradisi tatar Sunda menghiasi seragam kebanggaan tim asal Kota Bandung dan Jawa Barat, Persib pada musim kompetisi 2010-2011. Filosofi kujang yang melekat tajam pada kostum sebagai representatif Persib zaman sekarang. Persib bukan sekadar tim sepak bola, tetapi menjadi budaya. Orang tua, remaja, hingga anak-anak di Jawa Barat cukup mengenal Persib.

Senjata kujang melekat di bagian depan dan belakang seragam. Namun, pada dasarnya orang Sunda seperti pada acara pernikahan, sang mempelai laki-laki menyimpan kujang di belakang. Hal itu menandakan orang tersebut merupakan sosok yang rendah hati dan berani.

Pada sebilah kujang itu terdapat lima lubang. Hal itu menyimbolkan kesatria atau per-tahanan. Dengan begitu, Persib adalah pertahanan atau ksatria Jabar. Selain itu, di depan seragam ada garis-garis halus seperti pagar bambu. Arti bambu tersebut pun menyimbolkan sebuah pertahanan juga.


Konsep desain busana kerajaan Sunda ada pada kerah kostum. Pada kerah kostum tersebut lancip mengarah ke bawah. Pada kerah bagian belakang, ada tulisan "Pangeran Biru" bukan Maung. Dulu si bulao (biru), saya harapkan bahwa pemain Persib ini pangeran untuk Jabar. Jadi pola pikir bobotoh itu terhadap Persib jadinya Pangeran Bulao," tutur karyawan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) itu. Ia menambahkan, sejarah polet putih pada garis lengan yang melengkung ke bawah, merupakan elemen sporty dari tahun ke tahun.

Agar pemain merasa nyaman saat memakainya, bahan kostum memakai polyester dan dry max. Dengan bahan itu, membuat hangat pemainnya ketika cuaca dingin dan membuat adem pemain ketika cuaca panas. Bahan dry max ini bertekstur lubang-lubang. Fungsinya sebagai pori-pori untuk mengeluarkan keringat di dada dan punggung sebagai pangkal keringat dan mempercepat proses pengeringan. Bahan tersebut juga bisa menyerap udara dan menyesuaikan dengan suhu badan pemain. Sementara itu, bahan polyester untuk membuat agak hangat. Semua bahan ini digunakan untuk seragam kiper.

Selain Persib, Joma penyedia kostum asal Spanyol ini menyeponsori timnas Honduras dan Sevilla serta klub di Liga Malaysia. Kostum ini hanya bisa dibeli di Kantor PT Persib Bandung Bermartabat, Jln. Sulanjana No 17 Bandung dengan harga Rp 299.000 untuk yang polos, dan Rp 399.000 untuk kostum yang sudah dilengkapi dengan sponsor, nomor punggung, dan nama. Kostum ada tiga warna. Biru untuk laga kandang, putih tandang, dan hijau di tempat netral.***
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...