Punya Posisi Anyar


INI adalah musim ketiga Airlangga (24) bersama Persib Bandung. Berbeda dengan dua musim sebelumnya, pada Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 mendatang, mantan striker Deltras Sidoarjo ini hampir bisa dipastikan bakal punya peran atau posisi baru. Apa itu?

"Airlangga as a striker midfield," demikian sebut pelatih Darko-Daniel Janackovic ketika mengumumkan daftar skuadnya pada acara buka puasa bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf di Gedung Sate, Rabu (25/8) lalu.

Ya, berbeda dengan ketika Persib di era Jaya Hartono maupun penggantinya, Robby Darwis, kali ini Airlangga tidak diplot sebagai seorang striker murni. Ia lebih ditarik ke belakang. Seperti terlihat dalam setiap sesi latihan, pelatih berdarah Serbia itu selalu menempatkannya di sektor sayap sebelah kanan.

Meski tergolong baru, Airlangga tak terlalu banyak mempersoalkan posisi barunya ini. Ketika dimintai komentarnya, Ronggo demikian pemain kelahiran Jakarta, 22 November 1985 ini biasa disapa menjawabnya dengan senyum. "Posisi baru saya, tepatnya sayap kanan, bukan striker lagi," katanya.

Airlangga dipastikan harus bekerja keras "belajar" lagi untuk beradaptasi dengan posisi anyarnya itu. Sebab tugasnya sekarang bukan sekadar mencetak gol, tapi juga membuat assist buat "mantan" tandemnya di lini depan, Cristian Gonzales dan dua striker anyar, Pablo Alejandro Frances dan Rachmat Affandi.

Meskipun punya posisi baru, tidak berarti Airlangga otomatis bakal menjadi starter dalam skenario formasi dasar 4-4-2 milik Janackovic. Sebab di posisi itu, Airlangga tetap harus bersaing dengan Atep, Esteban Gabriel Vizcarra atau pemain lainnya. Kecuali jika ia bisa menunjukkan peningkatan performa. Itu pasti yang diharapkannya. (endan suhendra/"GM")**

Source: GM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...