Ujian Para Debutan


Pelatih anyar Persib Bandung, Darko-Daniel Janackovic akan melakoni debutnya saat tim yang ditanganinya itu menghadapi Persiba Balikpapan, pada pertandingan Grup B Turnamen Inter Island Cup (IIC) 2010 di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Senin (30/8) pukul 21.00 WIB. Selain Janackovic, sebagian besar pemain debutan Persib pun akan menjalani ujian kesiapan membela tim kebanggaan bobotoh pada laga ini.

"Turnamen ini merupakan arena menguji kesiapan tim menghadapi kompetisi. Bukan hanya pelatih, tapi juga seluruh pemain, terutama yang baru," kata Manajer Persib, H. Umuh Muchtar ketika dihubungi "GM", Minggu (29/8).

Sebelum bertolak ke Palembang, Janackovic pun setuju, pertandingan-pertandingan di IIC 2010 ini merupakan ajang untuk menguji kesiapan pasukannya. Pelatih berdarah Serbia ini berharap, pasukannya bisa memperbaiki performa sebelum tampil di kompetisi resmi.

"Kekuatan tim-tim yang tampil di turnamen ini saya pikir merata. Di sini (IIC 2010, red), kita tidak mencari menang, tapi tetap akan berusaha tampil sebaik mungkin," katanya.

Untuk laga melawan Persiba, yang pada laga pembuka secara mengejutkan membantai tuan rumah Sriwijaya FC 3-0, Sabtu (28/8) malam, Janackovic sudah menyiapkan skuad inti yang bakal diturunkannya. Tanpa lima pemain andalan yang tengah mengikuti pelatnas tim nasional, sebelas starter yang kemungkinan diturunkan Janackovic adalah Cecep Supriyatna (kiper), Wildansyah, Yudi Khoerudin, Abdul Rahman, Isnan Ali (belakang), Airlangga, Hariono, Esteban Gabriel Vizcarra, Siswanto (tengah), Cristian Gonzales, dan Pablo Alejandro Frances (depan).

Dari 11 pemain yang diproyeksikan tampil tersebut, enam di antaranya merupakan pemain debutan. Di bangku cadangan, hanya Dedi Haryanto (kiper) dan Gilang Angga Kusumah yang merupakan pemain lama. Sisanya juga merupakan para pemain muda yang baru pertama kali berkostum Persib.

"Melihat kondisi terakhir, semua pemain dalam keadaan siap. Perubahan formasi dari 3-5-2 ke 4-4-2 pun tidak menjadi kendala serius," kata asisten pelatih Persib, Robby Darwis.

Rotasi pemain

Dari kubu Persiba, kemenangan 3-0 atas Sriwijaya FC pada laga pembuka membuat mereka memiliki kepercayaan diri tinggi menghadapi Persib. Hanya saja, pada laga keduanya ini, pelatih Djunaedi kemungkinan besar akan mengubah komposisi tim.

"Banyak pemain kami yang kram (saat lawan Sriwijaya FC). Memang kebugaran fisik pemain tidak 100 persen bagus. Jadi untuk pertandingan melawan Persib, kemungkinan akan ada rotasi," kata Bang Jun, sapaan Djunaedi, seperti dikutip simamaung.com, usai laga melawan Sriwijaya FC.

Selain sudah mulai terlihat solid, motivasi besar empat pemain asal Bandung di Persiba, dua di antaranya merupakan mantan pemain Persib, yaitu Erik Setiawan dan Eki Nurhakim, patut diwaspadai Cecep Supriyatna dan kawan-kawan.

Source: GM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...